RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
|
:
………………………………
|
Mata Pelajaran
|
: Seni Budaya Dan Keterampilan
|
Kelas/Semester
|
: III (tiga)/I (satu)
|
Pertemuan Ke
|
: 1
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 35’
|
Standar Kompetensi
|
SENI RUPA
1.
Mengapresiasi Karya Seni rupa
|
Kompetensi Dasar
|
Menjelaskan
symbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
I. Tujuan Pembelajaran
|
·
Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam
karya seni rupa dengan
disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
·
Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya
seni rupa dua dimensi dengan teliti ( carefulness) (NK: Ketelitian (
carefulness))
·
Siswa dapat menentukan simbol dalam karya
seni rupa dua dimensi dengan percaya diri (NK: percaya
diri (Confidence
)
·
Siswa dapat membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
II. Materi Ajar
|
a. Simbol
seni rupa dua dimensi
Unsur-unsur
dasar karya seni rupa adalah unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah
karya seni rupa. Unsur-unsur itu terdiri dari :
1. Titik /Bintik
Titik/bintik merupakan unsur dasar seni rupa yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai dari titik. Titik dapat pula menjadi pusat perhatian, bila berkumpul atau berwarna beda.Titik yang membesar biasa disebut bintik.
2. Garis
Garis adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna, texture, dan lainnya. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah tertentu, garis mempunyai berbagai sifat, seperti pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang lain. Kesan lain dari garis ialah dapat memberikan kesan gerak, ide, simbol, dan kode-kode tertentu, dan lain sebagainya. Pemanfaatan garis dalam desain diterapkan guna mencapai kesan tertentu, seperti untuk menciptakan kesan kekar, kuat simpel, megah ataupun juga agung. Beberapa contoh symbol ekspresi garis serta kesan yang ditimbulkannya, dan tentu saja dalam penerapannya nanti disesuaikan dengan warna-warnanya
3. Bidang
Bidang dalam seni rupa merupakan salah satu unsur seni rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis. Bidang dibatasi kontur dan merupakan 2 dimensi, menyatakan permukaan, dan memiliki ukuran Bidang dasar dalam seni rupa antara lain, bidang segitiga, segiempat, trapesium, lingkaran, oval, dan segi banyak lainnya
4. Bentuk
Bentuk dalam pengertian bahasa, dapat berarti bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun (shape) ialah bentuk benda yang polos, seperti yang terlihat oleh mata, sekedar untuk menyebut sifatnya yang bulat, persegi, ornamental, tak teratur dan sebagainya. Sedang bentuk plastis ialah bentuk benda yang terlihat dan terasa karena adanya unsur nilai (value) dari benda tersebut, contohnya lemari. Lemari hadir di dalam suatu ruangan bukan hanya sekedar kotak persegi empat, akan tetapi mempunyai nilai dan peran yang lainnya. Bentuk atau bangun terdiri dari bentuk dua dimensi (pola) dan bentuk tiga dimensi. Bentuk dua dimensi dibuat dalam bidang datar dengan batas garis yang disebut kontur. Bentuk-bentuk itu antara lain segitiga, segi empat, trapezium dan lingkaran. Sedang bentuk tiga dimensi dibatasi oleh ruang yang mengelilinginya dan bentuk-bentuk itu antara lain limas, prisma, kerucut, dan silinder. Sifat atau karakteristik dari tiap bentuk dapat memberikan kesankesan tersendiri seperti :
§
Bentuk
teratur kubus dan persegi, baik dalam dua atau tiga dimensi memberi kesan
statis, stabil, dan formal. Bila menjulang tinggi sifatnya agung dan stabil.
§
Bentuk
lengkung bulat atau bola memberi kesan dinamis, labil dan bergerak.
§
Bentuk
segitiga runcing memberi kesan aktif, energik, tajam, dan mengarah.
|
III. Metode Pembelajaran
|
- Mengerjakan soal uji kompetensi
|
IV. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
☺ Kegiatan Awal
1. Apersepsi
2. Salam pembuka
3. Mengabsen siswa
4. Mempersiapkan alat-alat yang
diperlukan
5. Menayangkan film dokumenter karya
seni rupa
|
☺ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§
Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas
§ memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dengan disiplin (NK: Disiplin
( Discipline ))
§ melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Menonton dan mengamati karya seni rupa
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
☺
Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan Akhir,
guru
F Tugas menceritakan kembali simbol-simbol dalam
karya senii rupa dua dimensi
|
V. Sumber/Alat/Bahan
|
|
VI. Penilaian
|
☺
Aspek yang dinilai
- Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama,
keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada
lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan
melaporkan hasil praktikum.
- Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan
yang dilontarkan guru pada saat test lisan.
|
☺ Bentuk penilaian
a. Tes tertulis; soal-soal uji
kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b. Unjuk kerja : melakukan kegiatan
diskusi.
c. Produk (hasil kerja) : laporan
tertulis dari tugas.
|
☺ Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
·
Mengelompokkan
berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan
sekitar. dengan disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
·
mengelompokkan
berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya
seni rupa.
|
Tes
tertulis
|
Unjuk
kerja
|
Jelaskan symbol dalam karya seni rupa dua
dimensi
|
·
menjelaskan
makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.
·
membuat
tulisan tentang perasaannya atas berbagai makna symbol karya seni rupa.
·
menyampaikan
secara lesan tentang cerminan perasaannya atas berbagai makna symbol pada
karya seni rupa.
|
Tes
tertulis
|
Unjuk
kerja
|
Jelaskan makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur
rupa pada karya seni rupa.
|
·
menjelaskan berbagai makna symbol warna dan
ragam hias pada
karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi di lingkungan sekitar.
·
membuat tulisan tentang perasaannya atas
berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa. dengan disiplin (NK: Disiplin ( Discipline ))
·
menyampaikan
secara lisan tentang perasaannya terhadap berbagai makna
symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
|
Lesan, praktek.
|
praktek
|
Buatkan tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis
simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
|
·
Mengelompokkan
berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan
sekitar.
·
mengelompokkan
berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya
seni rupa.
|
Tes
tertulis
|
Unjuk
kerja
|
Jelaskan symbol dalam karya seni rupa dua
dimensi
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP/NIK : NIP/NIK
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar